Posted in: Kuliner

Fakta Mengenai Harga Daging kambing Sekaligus Cara Pengolahannya

main image

Secara umum, harga daging kambing memang tidak jauh berbeda dari harga daging sapi. Sekarang ini, harga daging kambing berada di kisaran harga Rp138.000 per kilo. Nah, bagi kita yang tertarik untuk mengolah daging kambing, maka mari kita bahas bersama-sama mengenai bahan makanan yang satu ini. Seperti yang kita ketahui bersama, daging kambing ialah salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, banyak orang yang justru beranggapan bahwa daging kambing patut dihindari karena bisa memicu adanya masalah pada kondisi kesehatan kita.

Jika kita telisik, sebenarnya masalah kesehatan yang muncul bukanlah dikarenakan konsumsi daging kambing itu sendiri, melainkan dikarenakan jumlah konsumsi daging kambing yang melebihi batas wajar. Makanya sebagai konsumen yang cerdas, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui informasi seputar harga daging kambing serta cara pengolahannya agar kita bisa mendapatkan nutrisi dari daging kambing secara maksimal. Namun, hal apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk bisa mengolah daging kambing supaya tidak berbau dan tetap terjaga gizinya? Simaklah beberapa tips berikut ini!

1. Membungkus daging kambing dengan daun pepaya

Apabila kita suka memasak, tentu kita sudah familiar dengan adanya beberapa jenis daun yang dimanfaatkan dalam proses pengolahan masakan karena bisa berfungsi untuk melembutkan ataupun mengatasi masalah bau tidak sedap yang ada di daging kambing. Nah, untuk melakukannya, kita bisa menggunakan daun pepaya. Bungkuslah daging kambing menggunakan daun pepaya. Cara ini efektif karena daun pepaya mengandung enzim yang bisa bermanfaat untuk membuat tekstur daging kambing menjadi lebih empuk. Apabila kita tidak bisa menemukan pepaya, kita tidak perlu khawatir karena kita juga bisa menggunakan solusi lain seperti daun jati maupun daun jambu untuk membungkus daging yang satu ini.

2. Melumuri daging dengan jeruk nipis

Seperti yang kita tahu, jeruk nipis memiliki manfaat yang banyak, termasuk ketika kita ingin mengolah daging kambing. Selain bisa melunakkan daging, jeruk nipis juga akan berfungsi untuk mengurangi bau amis yang ada pada daging. Selain itu, jeruk nipis juga akan membunuh bakteri. Kita cukup melumuri daging kambing mentah menggunakan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkanlah selama sekitar setengah jam, kemudian daging kambing bisa kita olah sesuai dengan keinginan kita.

3. Melumuri dengan cuka apel

Selain jeruk nipis, alternatif lainnya yang bisa kita gunakan untuk membuat daging kambing tidak amis ialah dengan melumurinya menggunakan cuka apel. Jadi sebelum dimasak, gunakan cuka apel di permukaan daging kambing. Apabila diolah menjadi steak, daging yang sudah kita lumuri dengan cuka apel ini nantinya akan membuat tekstur daging menjadi lebih juicy.

Setelah mengetahui bagaimana cara mengolah daging kambing agar tidak bau, kita juga perlu mengetahui seperti apa sih cara menyimpan daging kambing secara benar. Pertama-tama, daging kambing yang sudah dipotong-potong segera digantung dan diangin-anginkan. Cara ini membuat daya tahan daging kambing bisa mencapai 24 jam. Untuk membuat daging kambing bisa tersimpan dalam waktu yang lebih lama, maka kita bisa memasukkan daging kambing ke dalam chiller. Sementara untuk penyimpanan lebih dari satu bulan, lakukanlah penyimpanan di freezer. Ketika kita ingin mengolahnya, daging kambing perlu diletakkan di lemari es dan biarkan hingga es mencair. Sebagai acuan, diperlukan waktu 5 jam untuk mencairkan 500 gram daging beku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *