Posted in: Bisnis dan Keuangan

Ide Bisnis Rumahan Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga kini bukan hanya disibukkan dengan anak-anak yang harus belajar di rumah tapi juga pasti akan tertantang untuk mendapatkan keuangan yang lebih baik lewat berbisnis. Nah, bisnis ibu rumahan sebenarnya ada banyak lho.

Sekadar contoh ada pisang goreng bu nanik yang tersohor itu. Kini namanya seharum pisang gorengnya. Terlebih urusan modal kini malah banyak dicari sama lembaga keuangan. Mau ajukan kredit cepat pun syaratnya makin mudah apalagi jika usaha kecilnya sudah jalan dan menghasilkan.

Tidak usah memaksakan diri dulu ya, paling tidak dicoba dan dilihat dulu beberapa ide jualan berikut ini yang bisa dijalankan ala ibu rumah tangga di rumah sendiri.

1. Tanaman dan bunga hias

Siapa yang sangka jika ada banyak bunga-bunga tanaman rumah kini harganya bisa sampai ratusan ribu rupiah. Nah, ide tanaman hias ini sepertinya cocok untuk menjadi sumber pundi-pundi baru. Terlebih cocok tanam tanaman hias bisa dijalankan sembari mengurus rumah tangga anak dan suami.

2. Bisnis Katering online

Bisnis katering online ini memang bukan untuk memenuhi kebutuhan karyawan kantor melainkan untuk donasi. Ada banyak orang yang kini membutuhkan jasa katering untuk didonasikan kepada panti asuhan atau panti sosial lansia lainnya secara rutin. Nah, peluang ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha katering secara online juga sembari ikut membantu orang lain berdonasi. 

3. Jual Baju anak 

Sudah sembilan bulan berlalu bagaimana dengan baju si kecil? Nah, orang tua biasanya akan mulai berburu pakaian terutama jika tubuh si kecil makin bertumbuh. Jangan ragu untuk mulai beriklan lewat Instagram atau membagikan foto-foto pakaian lucunya lewat gaya tiktok seru. Promosi seperti ini kini banyak dicari oleh ibu-ibu yang juga punya si kecil di rumah sekaligus bisa terhibur.

4. Kue Natal dan Lebaran

Selain katering, beberapa perayaan hari-hari besar nampaknya akan sangat sulit dilewatkan tanpa ada nastar, kastengel, putri salju dan kue-kue khas lainnya. Bahkan tradisi mengantar parcel pun masih bisa dilakukan paling tidak kepada keluarga atau kerabat terdekat dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

5. Jahitan Baju

Jika punya keterampilan dalam menjahit, jangan sungkan untuk tawarkan. Ada banyak orang tua yang butuh pakaian yang cocok untuk seragam anak-anak mereka. Terutama buat anak-anak yang tumbuhnya lebih cepat dari periode normal. Jasa permak baju anak-anak saja sudah bisa dikomersilkan apalagi jika memiliki keahlian untuk membuat baju dengan model yang menarik dan mengikuti perkembangan mode.

Untuk beberapa usaha kadang-kadang memang butuh alat bantu yang lebih mumpuni agar pekerjaan semakin mudah atau hasilnya makin baik. Tidak usah ragu untuk mencari kredit cepat demi memperbaiki kualitas dan layanan produk atau jasa yang ditawarkan. Bisa lewat Kredivo juga lho sekarang. Kredivo memberikan kredit limit sampai dengan Rp30 juta yang dapat dimanfaatkan juga untuk utang produktif alisa modal usaha-usaha tersebut. 

Kredivo memberikan bunga rendah hanya 2,6% per bulan dengan tenor 3, 6, sampai dengan 12 bulan. Pun tidak usah khawatir karena Kredivo memiliki izin dan terdaftar secara resmi di OJK. 

Ada dua produk pinjaman yang bisa dimanfaatkan untuk modal usaha yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pinjaman mini minimal Rp500 ribu sampai dengan Rp1 juta, sedangkan pinjaman jumbo minimal Rp1 juta dengan maksimal pinjaman sesuai dengan batas plafon yang dimiliki.

Proses pendaftaran, pengajuan dan persetujuan semua dilakukan secara online lewat aplikasinya yang bisa diunduh dengan mudah lewat Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *