Posted in: Informasi

Sering Lewat Jalan Tol? Kenali Aturan Berkendara Dijalan Tol Berikut

Demi menghemat waktu perjalanan, banyak pengemudi menggunakan jalan tol dalam berkendara. Jalur ini dipilih karena mampu memotong waktu tempuh dan juga kontur jalannya halus. Melalui jalur ini sebagai jalur alternatif berkendara rasanya tidak salah. Terlebih untuk pegawai lintas kota, menggunakan jalan tol sudah seperti rutinitas harian saja.

Jalur tol sendiri dibangun untuk kemudahan akses dan meningkatkan produktivitas masyarakat. Setiap harinya ribuan kendaraan melalui jalur ini untuk berbagai kebutuhan. Terlebih, jalur ini bebas pengendara roda dua yang terkadang mengemudi dengan sembrono. Namun, jalanan yang lengang ternyata mampu membuat jalur tol menjadi jalur berbahaya karena banyak kendaraan yang adu balap.

Adakah tips mengemudi jalan tol yang baik? Tentu saja ada. Simak beberapa aturan mengemudi di jalan tol berikut :

1.    Memastikan lampu mobil berfungsi dengan baik dan hidup

Saat berkendara, penting untuk memastikan lampu mobil berfungsi dengan baik. Lampu mobil ini mampu mendukung pencahayaan malam maupun siang hari dengan baik. Fitur ini akan mempermudah kamu dan kendaraan car sharing kamu melalui hiruk pikuk jalanan.

2.    Mengemudi di lajur kedua dan ketiga

Jalan tol memiliki 4 ruas jalur. Jalur khusus kendaraan khusus dipaling kiri, jalur untuk kendaraan lambat di jalur pertama dan jalur kedua serta ketiga sebagai jalur lintasan kendaraan pribadi termasuk car sharing. Jalur ini direkomendasikan untuk kamu yang berjalan konstan. Bila akan overtake, kamu bisa menggunakan jalur paling kiri menggunakan car sharing.

3.    Memberikan signal ketika akan overtake

Saat akan overtake, ada baiknya kamu memberikan signal. Dimana kamu bisa memberikan kedipan lampu sebagai tanda akan overtake. Kamu bisa juga memberikan klakson bila kamu rasa tidak diberi celah oleh kendaraan depan kamu saat akan overtake. Maka dari itu, pastikan fitur dalam car sharing berfungsi dengan baik saat berkendara.

4.    Melihat kondisi lalu lintas belakang kendaraan ketika akan overtake

Saat akan overtake, ada baiknya kamu melihat situasi kendaraan belakang kamu. Ada yang berada dijalur yang sama tidak. Bila ada, ada baiknya kamu dan car sharing memberikan space terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *